Wali Kota Minta Imum Mukim Perkuat Syariat Islam dan Adat Istiadat di Gampong

PANGODEAH.DESA.ID – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengharapkan agar imum mukim berada di garda terdepan dalam upaya penegakan syariat Islam dan adat istiadat di wilayah mukim masing-masing.

Hal itu disampaikan Aminullah pada acara pelantikan Di Dahlan sebagai Imum Mukim Lambaroeh Banda periode 2018-2023, di Aula Kantor Camat Jaya Baru, Kamis (20/12/2018). Prosesi pelantikan Di Dahlan dipimpin oleh Camat jaya Baru Saiful Azhar.

Menurut wali kota, imum mukim memiliki peran penting dalam penegakan syariat Islam dan adat istiadat. “Imum mukim harus mengawal itu dan berada di garda terdepan untuk mengayomi gampong-gampong dalam wilayahnya sehingga masyarakat tidak lupa dengan warisan budaya endatunya.”

Ia pun berharap imum mukim berperan aktif dalam mewujudkan visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah dengan tiga pilar utamanya yakni pembangunan di bidang agama, ekonomi, dan pendidikan. “Tiga pilar tersebut berkaitan erat dengan tugas imum mukim,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, wali kota juga mengajak imum mukim untuk mensosialisasikan seruan bersama Forkopimda Banda Aceh terkait larangan perayaan malam tahun baru masehi 2019. “Mari sama-sama kita sosialisasikan kepada masyarakat agar anak-anak kita tak ikut-ikutan merayakannya.”

“Tolong juga melalui khatib Salat Jumat di gampong-gampong untuk menyampaikan pesan kepada orangtua untuk mengingatkan anak-anaknya untuk tidak membeli mercon, ikut balapan liar maupun pesta hura-hura di malam tahun baru nanti. Itu semua bertentangan dengan syariat Islam dan adat istiadat kita,” pesan wali kota.

Di Dahlan selaku Imum Mukim Lambaroeh Banda mengajak seluruh masyarakat untuk menghidupkan kembali adat istiadat dan kearifan lokal yang sudah ada sejak zaman kesultanan dahulu. “Syiar Islam dan adat istiadat di setiap gampong harus kita gemakan kembali. Matee aneuk meupat jeurat, gadoh adat pat tamita; itu kata-kata sultan kita dulu,” katanya seraya mengharap seluruh dukungan masyarakat untuk membangkitkan kejayaan warisan endatu.

Di tempat yang sama, Wali Kota Aminullah juga menyerahkan hadiah kepala juara lomba gampong tingkat Jaya Baru. Hadiah berupa piala dan piagam tersebut diserahkan kepada Gampong Lamteumen Timur, Punge Blang Cut, dan Lampoh Daya sebagai juara pertama, kedua, dan ketiga.

Di antara tamu undangan terlihat hadir Kepala DPMG Banda Aceh Dwi Putrasyah dan sejumlah Kepala SKPK lainnya, Ketua TP-PKK Banda Aceh Nurmiaty AR, unsur Muspika Jaya Baru, dan para keuchik se-Jaya Baru. (Jun)

Sumber : bandaacehkota.go.i

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan